Stoner Crusher: Jenis, Tahapan, dan Komponennya

Tim Belajar Beton

Ditayangkan :

Februari 13, 2024
11:44
0
(0)
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Sumber Foto: Doc. WSBP

Stone crusher adalah rangkaian peralatan yang digunakan untuk memecahkan batu dari ukuran besar menjadi ukuran lebih kecil sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Mesin umumnya digunakan dalam industri konstruksi, pertambangan, dan manufaktur. 

Ada beberapa jenis dan tahapan dari stone crusher. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak ulasannya dalam artikel ini!

Jenis-Jenis Stone Crusher

Ada beberapa jenis stone crusher yang umum digunakan, yaitu:

1. Jaw Crusher

Jaw crusher adalah jenis stone crusher yang paling umum digunakan. Jaw crusher menggunakan dua lempengan yang bergerak untuk menghancurkan batu. Rahang yang lebih besar digunakan untuk menghancurkan batu yang lebih besar menjadi ukuran bebatuan kecil-kecil. 

2. Impact Crusher

Impact crusher adalah jenis stone crusher yang menggunakan gaya benturan untuk menghancurkan batu. Impact crusher terdiri dari rotor yang berputar dengan kecepatan tinggi untuk menghancurkan batu. 

Cara kerjanya adalah dengan memasukkan material ke dalam ruang penghancur, lalu menabrakkan material tersebut menggunakan kecepatan tinggi pada dinding-dinding penghancur. 

3. Roller Crusher

Roller crusher adalah jenis stone crusher yang menggunakan dua rol bergerak dengan permukaan bergerigi untuk menghancurkan batu. Cara kerjanya, batu dimasukkan di antara dua silinder dan dihancurkan saat silinder bergerak ke arah berlawanan.

4. Hammer Crusher

Hammer crusher adalah jenis stone crusher yang menggunakan hammer untuk menghancurkan batu. Hammer crusher terdiri dari rotor yang berputar dengan kecepatan tinggi dan dilengkapi dengan hammer untuk menghancurkan batu. 

Tahapan Pemecahan Batu Menggunakan Stone Crusher

Pada pekerjaan crushing biasanya diperlukan beberapa kali pengerjaan pemecahan. Tahap-tahap pekerjaan beserta jenis crusher yang digunakan antara lain:⠀

  • Pemecahan tahap pertama oleh jenis primary crusher.
  • Pemecahan tahap kedua oleh secondary crusher.
  • Pemecahan jika ternyata diperlukan, oleh tertiary crusher⠀

Komponen-Komponen Stone Crusher

Stone crusher terdiri dari beberapa komponen utama yang bekerja bersama-sama untuk melakukan proses penghancuran material. Berikut adalah komponen-komponen penting dalam sebuah stone crusher:

1. Hopper 

Hopper adalah tempat meletakkan bebatuan sebelum proses penggilingan. Hopper biasanya mempunyai kapasitas yang cukup besar untuk menampung batu dalam jumlah yang cukup sebelum dimasukkan ke dalam crusher. 

2. Feeder 

Feeder adalah alat yang mengatur aliran bebatuan dari hopper menuju stone crusher. Feeder membantu mengatur kecepatan dan distribusi batu-batuan yang masuk ke dalam crusher, sehingga memastikan material dihancurkan secara efisien dan konsisten.

Apakah artikel ini bermanfaat untukmu?

Klik pada bintang untuk memberikan penilaian!

Rating rata-rata 0 / 5. Banyaknya rating: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait