Mengenal Jenis Mutu Beton Readymix Struktural

Tim Belajar Beton

Ditayangkan :

Februari 13, 2024
10:05
3.7
(3)
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Sumber foto: Doc.WSBP

Beton Readymix adalah istilah untuk beton yang sudah siap digunakan tanpa perlu lagi pengolahan di lapangan. Penggunaan readymix dapat mempercepat pekerjaan sekaligus menghemat waktu dengan kualitas beton yang tetap terjaga. 

Beton Readymix sendiri terbagi menjadi beton struktural dan non struktural. Beton struktural adalah jenis beton yang mengandung unsur penulangan besi dalam adukan cornya. Dalam artikel ini, akan dibahas macam-macam mutu beton struktural.

Jenis Mutu Beton Readymix Struktural

Berikut adalah beberapa jenis mutu beton Readymix struktural yang umum digunakan:

1. Mutu Beton K 225

Mutu beton K 225 adalah jenis beton yang sudah bisa digunakan untuk pembangunan struktur bangunan dengan beban menengah (sedang). Mutu beton ini juga biasa digunakan untuk membuat pagar panel beton.

2. Mutu Beton K 250

Mutu beton K 250 digunakan untuk konstruksi bangunan struktural dengan daya beban rendah ke sedang. Bahan yang digunakan relatif standar atau umum. Namun, penggunaannya disarankan dalam pengawasan tenaga ahli profesional. 

Umumnya, jenis mutu beton ini digunakan pada Barrier, Pondasi PJU, Box Culvert, Retaining Wall, dan sebagainya. 

3. Mutu Beton K 350 Kelas B

Mutu beton K 350 adalah beton yang digunakan untuk pekerjaan struktural bangunan yang memerlukan daya beban beton sedang ke tinggi. Penggunaannya harus dalam pengawasan tenaga ahli profesional.

Biasanya mutu beton ini digunakan untuk struktur dengan daya beban beton sedang ke tinggi seperti seperti  Slab, Pile Cap, Pier Head, Back Wall, Diafragma, Kolom Bangunan Ruko, Rukan, Gedung Bertingkat, Plat Lantai Atas, Balok, Sloof dengan beban berat, Saluran U Ditch, dan Box Culvert.

4. Mutu Beton K 350 Kelas B2

Sama halnya dengan mutu beton kelas B dengan daya beban beton sedang ke tinggi dengan work ability yang tinggi sehingga mudah diaplikasikan. 

Jenis mutu beton ini umum digunakan sebagai pondasi bore pile dengan slump yang lebih rendah, yakni 18 – 2 cm, guna memudahkan work ability atau proses penuangan dalam metode pengecoran Bore Pile.

5. Mutu Beton K 400

Beton jenis ini digunakan untuk pekerjaan struktural bangunan jalan dengan sistem perkerasan kaku (rigid). Penggunaannya biasanya menggunakan alat paver. Kelebihannya adalah mampu menahan beban yang besar pada struktur jalan di mana struktur lebih awet dibandingkan bahan aspal. 

Mutu beton K 400 digunakan untuk beton rigid pavement atau rigid manual pada struktur jalan atau struktur jalan dengan kebutuhan kapasitas beban yang besar. 

6. Mutu Beton K 500

Mutu beton K 500 adalah kategori beton mutu tinggi yang digunakan untuk pekerjaan struktural bangunan lebih kompleks. Pengerjaannya mengikuti arahan dari tenaga  ahli khusus dan wajib menggunakan peralatan lengkap dan laboratorium beton khusus demi pengawasan mutu beton yang berkelanjutan.

Mutu beton K 500 digunakan untuk struktur dengan gaya beban tinggi atau struktur yang membutuhkan beton percepatan, seperti Box Girder, Kolom Sosrobahu, dan Box atau struktur Cantilever.

Baca Juga: Apa Saja Beton Readymix Non Struktural

Apakah artikel ini bermanfaat untukmu?

Klik pada bintang untuk memberikan penilaian!

Rating rata-rata 3.7 / 5. Banyaknya rating: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait