Apa Saja Jenis Mutu Beton Readymix Non Struktural?

Tim Belajar Beton

Ditayangkan :

Februari 13, 2024
10:10
5
(4)
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Sumber foto: Doc.WSBP

Selain struktural, beton readymix juga terdiri dari beton nonstruktural. Beton nonstruktural adalah pekerjaan pengecoran beton yang tidak mengandung unsur struktural secara langsung antara lain besi sebagai bahan penulangan cor beton. 

Apa saja jenis mutu beton readymix nonstruktural?

Jenis Mutu Beton Readymix Non Struktural

Berikut adalah beberapa jenis mutu beton readymix non struktural yang umum digunakan:

1. Mutu Beton K-B0

Mutu beton K-B0 disebut juga mutu beton lean concrete. Sebab, kandungan semennya memang rendah dibandingkan mutu beton lainnya. Mutu beton ini digunakan untuk lantai kerja dan penimbunan kembali dengan beton lain dengan mutu yang lebih tinggi.

2. Mutu Beton K 100

Mutu beton ini memiliki kandungan semen yang lebih banyak dibandingkan mutu K-B0. Mutu beton K 100 bisa digunakan untuk membuat jalan setapak pada taman. Mutu beton ini juga bisa digunakan untuk lantai kerja dan penimbunan kembali dengan beton lain dengan mutu yang lebih tinggi.

3. Mutu Beton K 125

Salah satu jenis mutu beton readymix nonstruktural adalah mutu beton K 125. Jenis mutu beton ini mudah diaplikasikan serta menggunakan bahan sederhana. 

Umumnya, mutu beton K 125 diterapkan untuk membuat jalan setapak pada taman maupun teras rumah, juga lantai kerja atau lean concrete pada lapisan bawah struktur jalan rigid dan lapisan bawah pondasi kolom.

4. Mutu Beton K 175

Beton dengan mutu K 175 merupakan salah satu jenis beton standar yang digunakan di Indonesia. Beton K 175 biasanya digunakan untuk pondasi dari bangunan, misalnya sebagai perumahan, gudang, dan pagar beton. Beton jenis ini juga dinilai cukup kuat dan mampu untuk menahan bangunan bertingkat.

5. Mutu Beton K 200

Mutu beton K 200 digunakan untuk konstruksi bangunan non struktural dengan daya beban rendah. Mutu beton ini biasa digunakan untuk membuat lapangan bulu tangkis, lapangan basket, voli, dan lain sebagainya.

Apakah artikel ini bermanfaat untukmu?

Klik pada bintang untuk memberikan penilaian!

Rating rata-rata 5 / 5. Banyaknya rating: 4

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait