Fastcrete: Solusi Cepat Perbaikan Infrastruktur Jalan

Corcomm WSBP

Last Updated :

September 18, 2023
15:04
5
(1)
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Photo Source: Doc WSBP

Kondisi infrastruktur transportasi publik seperti jalan raya sangat penting untuk selalu dalam kondisi aman dan nyamaan saat digunakan. Oleh karena itu, perawatan dan pemeliharaan harus selalu mendapat perhatian. Saat dilakukan, perawatan dan pemeliharan juga perlu untuk dikerjakan dalam waktu singkat sehingga aktivitas mobilitas tidak terdampak terlalu lama.

Untuk menjawab masalah tersebut, penggunaan fascrete (fast concrete) sangat bermanfaat untuk perbaikan infrastruktur jalan. Fascrete merupakan beton cepat kering yang digunakan untuk perbaikan maupun pembuatan konstruksi perkerasan jalan.

Pada prinsipnya, fastcrete bekerja dengan mempercepat proses hidrasi semen pada beton agar mutu beton kuat lentur FS (Flextural Strength) 45 (kuat lentur beton) dapat tercapai dalam waktu singkat, yaitu 6 – 8 jam. Apabila tidak menggunakan jenis beton ini, perbaikan biasakan akan membutuhkan waktu 336-672 jam atau 14-28 hari.

Oleh karena itu, fastcrete merupakan solusi terbaik dalam konstruksi perbaikan jalan raya atau tol. Fastcrete sangat cocok untuk diaplikasikan pada proyek pemeliharaan atau perbaikan sarana transportasi seperti landasan pacu bandara, jembatan dan lintas atas (fly over), struktur jalan raya dengan lalu lintas padat, dan jalan tol, karena akan mengurangi potensi kerugian akibat lamanya waktu perbaikan yang menimbulkan kemacetan dan penutupan jalan.

Penggunaan fastcrete akan menghemat anggaran pelaksanaan proyek karena waktu pengerjaan lebih cepat sehingga mengurangi potensi kerugian ekonomi akibat kemacetan. Penggunaannya juga akan memperpanjang umur layak jalan dan mengurangi biaya perawatan karena kualitas beton yang lebih baik.

Secara tidak langsung, penghematan waktu kerja juga akan berkontribusi secara tidak langsung terhadap kualitas udara yang lebih baik dengan mengurangi kemacetan di area perbaikan jalan tersebut.

Apakah artikel ini bermanfaat untukmu?

Click on a star to rate it!

Rating rata-rata 5 / 5. Banyaknya rating: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Article