Apa Itu Metode Modular PPVC dan Kelebihannya?

Tim Belajar Beton

Ditayangkan :

Februari 13, 2024
11:22
5
(1)
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp
Share on email

Sumber Foto: Doc.WSBP

Pembangunan dengan metode modular masih menjadi salah satu alternatif yang layak untuk saat ini. Salah satu metode yang digunakan adalah menggunakan modular PPVC atau Prefabricated Prefinished Volumetric Construction. 

PPVC merupakan metode konstruksi yang diproduksi di pabrik (prefabrikasi) di luar dari lokasi proyek, kemudian diangkut untuk dirakit menjadi sebuah bangunan. 

Yuk, kenali lebih jauh apa itu modular PPVC lengkap dengan kelebihannya dalam artikel ini!

Apa Itu Modular PPVC?

Modular Prefabricated Prefinished Volumetric Construction (PPVC) adalah metode konstruksi yang menggunakan modul tiga dimensi (unit) elemen-elemen pracetak yang telah selesai dirakit dan di-finishing di precast plant

Kemudian, elemen-elemen yang terukur dan terjamin kualitasnya ini dikirim dan dipasang di lokasi proyek yang telah ditentukan untuk membentuk sebuah bangunan

Apa Kelebihan Penggunaan Modular PPVC?

PPVC memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan metode konstruksi konvensional, antara lain:

1. Waktu Pelaksanaan Pembangunan Cepat 

Proses pembangunan bangunan modular PPVC dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan metode konstruksi konvensional. 

Hal ini karena elemen-elemen pracetak telah dirakit dan di-finishing di pabrik, sehingga tidak perlu dilakukan proses konstruksi di lokasi proyek. Pekerjaan ini meliputi perakitan dan finishing interior.

2. Kualitas Terjamin

Kualitas elemen-elemen pracetak yang digunakan dalam PPVC dapat lebih terjamin dibandingkan elemen-elemen yang dibangun di lokasi proyek. Ini karena proses produksi elemen-elemen pracetak dilakukan di lingkungan pabrik yang terkontrol.

3. Biaya yang Lebih rendah

Biaya pembangunan bangunan modular PPVC bisa lebih rendah dibandingkan metode konstruksi konvensional. Pasalnya, proses produksi elemen-elemen pracetak dapat dilakukan secara massal di pabrik, sehingga biaya per unitnya dapat lebih murah.

4. Ramah Lingkungan

PPVC dapat menjadi solusi untuk mengurangi dampak lingkungan pembangunan bangunan. Sebab, proses produksi elemen-elemen pracetak dapat dilakukan di lingkungan pabrik yang terkendali, sehingga polusi udara dan air dapat dikurangi. 

Pemasangan di lokasi melibatkan penyambungan dimensi dan memerlukan alat berat. Sebelum pemasangan perlu disiapkan pondasi bangunan dimana kapasitas pondasi ini menyesuaikan dengan jumlah tingkat bangunan yang direncanakan.

Dengan demikian, modular PPVC dinilai dapat menjadi solusi untuk mempercepat proses bangunan, mengurangi biaya, dan meningkatkan kualitas bangunan. 

Apakah artikel ini bermanfaat untukmu?

Klik pada bintang untuk memberikan penilaian!

Rating rata-rata 5 / 5. Banyaknya rating: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait